Senin, 17 September 2018

Manfaat Olahraga




M
anfaat olahraga selama ini sudah diketahui oleh masyarakat umum, namun hanya sedikit sekali manfaat yang diketahui oleh masyarakat sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk tidak melakukan olahraga. Masyarakat yang gemar olahraga adalah masyarakat yang sudah tahu pentingnya olehraga di dalam kehidupan, sayangnya masyarakat yang sibuk bekerja sering mengabaikan pentingnya olahraga. Setiap hari, kita dianjurkan untuk bisa melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit. Kesadaran masyarakat untuk melakukan



olahraga masih sangat minim sehingga hanya sedikit saja masyarakat yang gemar melakukan olahraga.
Orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan sangat rentan untuk terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk dengan sempurna sehingga bisa melindungi dirinya dari berbagai penyakit. Yang harus dilakukan saat ini adalah masyarakat mulai sadar pentingnya melakukan olahraga dan mulai melakukan olahraga saat ini juga.

Masyarakat hanya mengetahui satu atau dua manfaat saja dari melakukan olahraga. Masyarakat juga sering mengait-ngaitkan olahraga dengan diet atau menurunkan berat badan, sehingga orang yang memiliki berat badan ideal sangsi jika harus melakukan olahraga. Padahal manfaat olahraga tidak hanya sebatas itu saja. Olahraga sangat penting buat kesehaatan asalkan cara melakukannya tepat dan tidak salah. Jika salah dalam melakukan teknik olahraga akibatnya adalah tubuh akan terasa pegal dan tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga. Diperlukan tekat yang kuat agar bisa melakukan olahraga secara berkesinambungan. Berikut ini berbagai macam manfaat olahraga yang harus diketahui oleh masyarakat agar meningkatkan kesadaran untuk melakukan olahraga :
Salah satu manfaat olahraga yang harus diketahui adalah olahraga yang dilakukan bisa membuat suasana hati seseorang menjadi senang, alasannya adalah dengan olahraga segala macam beban pikiran yang membebani pikiran anda hilang. Anda akan disibukkan dengan kegiatan olahraga anda sehingga beban pikiran itu hilang dan membuat suasana hati anda menjadi senang.


Baik untuk hati senang :
Selain 10 manfaat di atas, olahraga juga memiliki berbagai khasiat seperti di bawah ini, berikut manfaat olahraga yang tidak bisa di abaikan untuk kesehatan.
Meringankan Kerja Jantung
Olahraga teratur bisa membuat kinerja jantung menjadi ringan karena dengan olahraga bisa membantu jantung dalam mengalirkan darah atau memompa darah ke seluruh tubuh.
Melancarkan Aliran Darah
Olahraga bisa membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Alasannya adalah dengan olahraga, otot menjadi lentur terutama otot yang ada di pembuluh darah. Otot yang lentur bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah bisa dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.



Meningkatkan Pertumbuhan Tulang Dan Gigi
Bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga seperti berenang dan berbagai macam olahraga lainnya bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Apalagi jika pertumbuhan tersebut ditunjang dengan berbagai macam makanan yang bergizi serta susu berkalsium tinggi. Anak remaja tersebut bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak heran jika anak remaja yang suka berolahraga akan mendapatkan gigi yang sehat dan juga tubuh yang tinggi karena pertumbuhan tulangnya maksimal. Tidak seperti remaja yang malas berolahraga, tulang tidak bisa tumbuh secara maksimal sehingga tubuh akan semakin kesamping sedangkan tulang tidak semakin tumbuh ke atas.
Menjaga Kepadatan Tulang
Olahraga yang teratur didukung dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium bisa menjaga kepadatan tulang, terutama tulang belakang. Olahraga ringan seperti jogging setiap pagi bisa membuat tulang semakin padat dan kokoh. Itu artinya, jika tulang sehat, padat dan juga kokoh orang yang hobi melakukan olahraga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Penyakit tulang yang berbahaya adalah penyakit osteoporosis.
Mencegah Terjadinya Obesitas
Obesitas bisa dicegah dengan melakukan olahraga secara teratur. Penyebabnya adalah ketika anda berolahraga, lemak dan kadar kolesterol di dalam tubuh anda akan dibakar saat berolahraga sehingga tubuh anda akan tetap ramping dan terhindar dari kegemukan atau obesitas.
Meningkatkan Gairah Seks
Olahraga juga bisa meningkatkan gairah seks, tidak perlu alat perangsang seksual atau ramuan khusus. Cukup dengan berolahraga, gairah seks yang tadinya menurun atau tidak ada kini muncul kembali. Penyebabnya adalah dengan berolahraga anda bisa meningkatkan hormon totesteron di dalam tubuh, hormon itu merupakan hormon yang berpengaruh kepada gairah seksual dan libido seseorang.
Menjaga Keseimbangan Tubuh
Keseimbangan tubuh bisa dijaga degan cara berolahraga secara teratur. Tubuh yang tidak seimbang akan menyebabkan gangguan metabolisme, metabolisme yang tidak seimbang akan membuat seseorang mudah terkena berbagai macam penyakit kronis.


Membuat Tidur Berkualitas
Jika anda sering terjaga di setiap malam atau terjaga di sela-sela tidur malam anda, bisa jadi anda sedang mengalami tidur yang tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan misalnya saja tekanan darah tinggi dan juga jantung. Orang yang mengalami tidur tidak berkualitas bisa dicari penyebabnya. Salah satu penyebab orang mengalami tidur yang tidak berkualitas adalah stress yang berlebihan dan ketidakseimbangan hormon. Dengan berolahraga, stress bisa teratasi dan bisa menyeimbangkan tubuh terutama hormon-hormon yang ada di dalam tubuh manusia. Jika stress bisa teratasi dan keseimbanagan hormon terjaga maka tidur yang berkualitas pun bisa didapatkan. Memiliki tidur yang berkualitas sama saja anda sedang mendapatkan kesehatan anda.
Mencegah Insomnia
Ketika anda sulit tidur, cobalah untuk berolahraga ringan. Insomnia bisa diatasi dengan cara olahraga secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kejujuran, Bukti Kebenaran Nabi Muhammad Rasulullah saw

Rasulullah saw memiliki tingkat derajat kekuatan rohani dan kesempurnaan batin serta akhlak yang sempurna (QS 68:4), sehingga tidak heran ...